(0271) 891 033 mardi_lestari2@yahoo.co.id

Vaksin Booster (Tahap 3) Untuk Tenaga Kesehatan

Pemberian Vaksinasi Tahap 3 sebagai Booster untuk tenaga medis telah dilakukan mulai Senin, 09 Agustus 2021 kegiatan tersebut dilakukan di Aula Rosa De Bie RSU Mardi Lestari, pemberian vaskin pertama secara simbolis diberikan kepada Direktur RSU Mardi Lestari dr. G Raditya Indra Prihandana & dr. Martinus Nori Wefrianto selaku Ka. Bid Penunjang Medis RSU Mardi Lestari. Setelah secara simbolis suntikan pertama diberikan dilanjutkan pemberian dosis ke-3 untuk staff RSU Mardi Lestari. Dalam kesempatan ini Hj. dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Bupati Kab Sragen beserta Staf juga menyampaikan bantuan berupa 6 unit konsetrator oksigen dari Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Yuk mari kita kenali Vaksin Moderna lebih jauh..

Vaksin Covid-19 Moderna yang dipakai sebagai booster adalah mRNA-1273 dengan penyuntikan yang dilakukan secara intramuskular dengan dosis 0,5 ml sebanyak 1 dosis. Berdasarkan data dari Moderna, INC, dosis tunggal mRNA-1273 atau mRNA-1273.351 dosis 50 gram bisa diberikan sebagai booster untuk individu yang sebelumnya divaksinasi.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan respons titer antibodi penetralisir terhadap SARS-CoV-2 dan dua varian yang menjadi perhatian yaitu B.1.351 (pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan) dan P.1 (pertama kali diidentifikasi di Brasil).

Hasil uji klinis juga membuktikan bahwa efek samping vaksin Covid-19 Moderna yang dihasilkan dari vaksin booster ini umumnya bisa ditoleransi dengan baik. Sebagian besar efek samping vaksin Covid-19 moderna yang terjadi bisa berupa efek ringan hingga sedang. Secara umum, keamanan vaksin Moderna dapat ditoleransi dengan status tingkat keparahan satu dan dua. Kejadian efek samping yang paling sering dirasakan meliputi:

  • Nyeri Kelelahan
  • Nyeri di tempat suntikan
  • Nyeri otot
  • Nyeri sendi
  • Pusing
  • Demam

    Cara mengatasi efek samping vaksin Moderna

    Ada beberapa cara untuk mengatasi efek samping vaksin COVID-19, termasuk vaksin Moderna. Dikutip dari laman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), berikut cara-caranya:

    • Untuk mengurangi nyeri pada tangan, bisa lakukan olahraga ringan. Aktivitas fisik dipercaya dapat memperlancar aliran darah dan mengurangi peradangan pada area penyuntikan.
    • Kompres area bekas penyuntikan yang terasa sakit menggunakan air dingin dan kain bersih untuk mengurangi peradangan.
    • Gunakan pakaian longgar agar tubuh merasa nyaman, sirkulasi udara pun terjaga saat tubuh mudah berkeringat karena demam.
    • Minum air putih. Sebab, demam bisa membuat tubuh lebih mudah berkeringat sehingga berisiko mengalami dehidrasi.
    • Konsumsi makanan yang bergizi dan kurangi aktivitas fisik jika dirasa tubuh merasakan gejala berlebih

    Jika diperlukan, minum obat pereda nyeri dan juga paracetamol untuk meredakan demam jika dirasa dibutuhkan. Namun CDC menyarankan, konsultasikan dulu dengan dokter demi keamanan. Yuk tunggu apalagi, lakukan vaksinasi sebagai bentuk pencegahan COVID-19. Salam Kasih, Kasih untuk Sembuh❤️

Leave a Reply

Close Menu